Senin, 20 Oktober 2014

Manfaat Komputer Bagi Seorang Guru




      Sebenarnya artikel yang sekarang saya tulis, masih erat kaitannya dengan artikel sebelumnya. Dalam artikel ini saya akan mencoba membukakan betapa besar manfaat komputer bagi seorang guru, dan ini menyangkut dengan kenyataan dilapangan. Jika ditinjau dengan perkembangan teknologi dan informasi, di dalam era globalisasi ini tentulah seorang guru harus dapat mengikuti perkembangan yang ada. Seorang guru harus dapat beradaptasi dengan keadaan gelobal, sehingga kita tidak tertinggal dengan negara-negara lain yang ada di dunia. Kemajuan teknologi sudah merambah ke semua lini dalam kehidupan, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Implikasi penyeragaman yang terlihat dari gaya hidup yang sama, baik dari segi makanan, pakaian dsb. Salah satu teknologi yang berkembang saat ini adalah komputer. Komputer diciptakan untuk memproses data dan kemudian disajikan dalam bentuk informasi, sehingga jika dilihat dari efektifitas dan efisiensinya sebuah komputer mampu menolong penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.  
       Jika dilihat dari definisi wikipedia bahwa Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Oleh karenanya komputer seyogyanya dapat dimanfaatkan oleh guru dengan sebaik baiknya. Seorang guru dapat mempergunakan komputer dalam proses pembelajaran ataupun dalam mengolah data untuk dijadikan informasi yang terkait dengan siswa.
     Adapun keuntungan memanfaatkan komputer di dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:
Manfaat komputer untuk guru dalam pendidikan, yaitu:
1.               Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan  mereka.
2.             Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas - tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.
3.       Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4.       Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna komputer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar, komputer  hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
       Adapun manfaat komputer lainnya bagi seorang guru adalah untuk mempermudah proses pembelajaran, dan juga mempermudah pengolahan data yang berkaitan erat dengan siswa. 





http://gurutikom2013.blogspot.com/2013/11/manfaat-komputer-dalam-dunia-pendidikan.html

1 komentar:

  1. Memang media penmbelajaran sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi satu ini.
    Nitip blog komputer juga, hehe http://komputech.info

    BalasHapus